logo-raywhite-offcanvas

21 Oct 2021

Tempat Wisata Margasatwa Ragunan Pilihan Tepat Untuk Wisata Keluarga

Tempat Wisata Margasatwa Ragunan Pilihan Tepat Untuk Wisata Keluarga

 

Tempat Wisata Margasatwa Ragunan Pilihan Tepat Untuk Wisata Keluarga

Jakarta sebagai Ibu Kota merupakan kota yang memiliki banyak daya tarik dari berbagai industri, tempat destinasi yang diperuntukan untuk berwisata juga dapat banyak ditemui di daerah Ibu Kota Jakarta ini. Salah satunya ialah di daerah Jakarta Selatan yaitu Taman Margasatwa Ragunan yang dimana didirikan pada 19 September 1864 di Batavia kala itu namun kini Jakarta. Taman yang mempunyai luas 10 Hektar ini berada di Jalan Cikini Raya No 73 yang diberikan oleh salah satu tokoh bernama Raden Saleh yang merupakan pelukis terkenal di Indonesia.

Tahun 1949 setelah Indonesia sudah merdeka, namanya diganti menjadi Kebun Binatang Cikini namun selang beberapa waktu dan perkembangan daerah Cikini tidaklah cocok untuk peragaan satwa sehingga dipindahkan ke Pasar Minggu Jakarta Selatan dan diberikan lahan seluas 30 Hektar untuk dipergunakan. Kebun Binatang Ragunan resmi dibuka pada 22 Juni 1966 oleh Gubernur DKI Jakarta pada saat itu Mayor Jendral Ali Sadikin dan sudah menggunakan nama Taman Margasatwa Ragunan.

Seiring perkembang setiap tahunnya juga terdapat banyak pergantian nama yang digunakan ditambah dengan luas Taman Margasatwa Ragunan yang mencapai 147 Hektar, 2101 ekor satwa dari 220 spesies yang ada di tahun 2010, hingga penepatan terakhir di tahun 2015 menjadi Kantor Pengelola Taman Margasatwa Ragunan sesuai dengan Perda Nomor 12 tahun 2014 mengenai Organisasi Perangkat Daerah.

Saat ini kondisi Taman Margasatwa Ragunan masih berstatus “Tutup Sementara” dan akan dibuka kembali pada Sabtu 23 Oktober 2021 melihat status PPKM di Jakarta sudah di Level 2. Menunggu instruksi untuk kembalinya dibuka walaupun beberapa tempat seperti Taman Impian Jaya Ancol, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dan Setu Babakan sudah dibuka karena sudah melewati uji coba juga tetap pada izin Pemprov DKI. 

Jikalau sudah mendapatkan izin menurut yang disampaikan oleh Wahyudi Bambang selaku Staf Pelayanan Informasi dan Kehumasan Taman Margasatwa Ragunan tempat ini sudah siap karena tetap akan dilengkapi fasiltas scan barcode applikasi PeduliLindungi, karyawan dan tim semuanya juga sudah melakukan vaksin COVID-19, ditambah dengan adanya jaminan untuk kemanan serta tetap melakukan protokol kesehatan.

Untuk Taman Margasatwa Ragunan sendiri dikenakan biaya tiket masuk per-orang yang dikategorikan menjadi 2 yaitu Dewasa Rp. 4.000,-/orang dan Anak-anak Rp. 3.000,-/orang. Jika sudah dibuka kembali masyarakat dapat menikmatinya kembali ya, dengan mengunjungi serta melestarikan tempat wisata daerah kita sendiri. Dan jika berminat ingin memiliki hunian di daerah Jakarta Selatan, Ray White Kebayoran Barito dapat membantu anda untuk memebuhi kebutuhan properti anda dengan prospek yang baik, menguntungkan dan tentunya ditangani oleh agen properti yang terpercata dan kredibel. Untuk info lebih lanjut dapat menghubungi Ray White Kebayoran Barito yang berlokasi di Jl. Barito II No.7B, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan atau hubungi kontak kami di (021) 724 1333.

Sumber: ragunanzoo.jakarta.go.id, travel.okezone.com, liputan6.com, metro.tempo.co

 

Share
Search
Tag