logo-raywhite-offcanvas

13 Aug 2024

Tips Remote Working: Buat Ruang Kerja di Rumah Semakin Nyaman

Tips Remote Working: Buat Ruang Kerja di Rumah Semakin Nyaman

Sudah menjadi hal lumrah bekerja di kantor dengan jarak yang jauh dari tempat tinggal. Kepadatan transportasi umum lintas kota menjadi gambaran bahwa banyak orang yang harus menempuh perjalanan jauh saat bekerja. Bahkan ada yang sanggup menghabiskan waktu hingga lima jam hanya untuk keperluan pulang pergi (commute) ke kantor.

Oleh karena itu, beberapa perusahaan menerapkan remote working untuk memudahkan pegawai menyelesaikan tanggung jawabnya. Dengan melakukan remote working, Anda akan memiliki fleksibilitas dalam menentukan jadwal dan tempat kerja yang sesuai dengan kondisi. Meskipun remote working dapat memberikan banyak keuntungan, ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan rasa jenuh atau kelelahan di kalangan pekerja jarak jauh. Kurangnya interaksi dengan teman kerja tanpa perubahan aktivitas dapat menyebabkan kejenuhan.

Untuk mengatasi rasa jenuh saat remote working, penting untuk mengatur waktu istirahat dan menciptakan lingkungan kerja yang nyaman. Ruangan tempat Anda bekerja dapat memiliki dampak signifikan pada mood dan produktivitas. Ruangan yang terorganisir dengan desain yang baik dapat menciptakan lingkungan yang menyenangkan untuk bekerja. 

Membuat ruang kerja di rumah yang nyaman dan produktif dapat membantu mengurangi rasa jenuh saat bekerja dari rumah (WFH). Berikut adalah beberapa tips untuk membuat ruang kerja di rumah semakin nyaman:

  1. Pilih Lokasi yang tepat

Kebanyakan orang bekerja membutuhkan konsentrasi yang tinggi sehingga penting untuk memilih lokasi yang tenang dan jauh dari gangguan. Bekerja di area yang dekat dengan ruang tamu atau kamar tidur anak bukanlah pilihan yang tepat karena Anda akan mudah terdistraksi oleh kebisingan di sekitar. 

  1. Atur Pencahayaan dengan Baik

Pastikan ruang kerja Anda memiliki pencahayaan yang cukup, terlalu terang atau gelap akan membuat mata kurang nyaman. Jika memungkinkan, pilih ruang kerja pada ruangan yang memiliki jendela agar cahaya matahari dapat menembus ke dalam ruangan. Anda juga bisa menggunakan pencahayaan tambahan dari lampu belajar, yang terpenting sesuaikan saja dengan kenyamanan Anda bekerja.

  1. Gunakan Furniture yang Ergonomis

Utamakan fungsi dan efisiensinya. Pilih kursi dan meja yang ergonomis untuk mengurangi kelelahan pada tubuh selama bekerja. Kursi merupakan hal terpenting untuk menjamin kenyamanan penyangga punggung yang tinggi dan empuk akan mengurangi sakit punggung akibat terlalu lama duduk di depan monitor. Selain itu, pilihlah model meja yang tingginya dapat disesuaikan dengan keinginan Anda. 

  1. Tambahkan Tanaman Indoor

Tahukah Anda jika tanaman bisa mengurangi stress? Tanaman indoor tidak hanya memberikan sentuhan dekoratif, tetapi juga dapat meningkatkan kualitas udara dan menciptakan suasana yang lebih menyenangkan di ruang kerja Anda.

  1. Pastikan Perangkat Tetap Rapi

Ruang kerja yang berantakan bisa semakin meningkatkan tekanan stress. Usahakan keadaan meja tetap bersih dan rapi. Agar ruang kerja tetap rapi dan teratur, kelola kabel-kabel perangkat elektronik dengan baik. Rapikan kertas atau dokumen yang menumpuk lalu simpan di tempat yang aman seperti atau rak buku.

  1. Sesuaikan Warna dengan Selera

Pilih warna-warna yang menenangkan dan sesuai dengan selera Anda. Warna-warna seperti biru atau hijau lembut dapat menciptakan atmosfer yang tenang dan memudahkan fokus.

  1. Perhatikan Suhu Ruangan

Pastikan ruang kerja memiliki suhu yang nyaman. Sesuaikan pengaturan pendingin udara atau pemanas, dan pastikan ventilasi cukup baik agar udara segar terus mengalir.


Dengan menciptakan ruang kerja yang nyaman dan terorganisir, Anda dapat meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan saat bekerja dari rumah. Tetapkan juga jadwal istirahat yang teratur untuk memberikan waktu refresh dan menghindari rasa jenuh. Jika Anda adalah orang yang lebih banyak menghabiskan waktu untuk remote working, tempat tinggal yang nyaman menjadi hal yang sangat dibutuhkan. Ray White Kebayoran Barito hadir untuk membantu Anda menawarkan pilihan properti terbaik. Ray White telah mempunyai pengalaman lebih dari 20 tahun dalam bidang properti. Segera hubungi Ray White Kebayoran Barito di (021) 724-1333 untuk mendapatkan berbagai penawaran properti yang sangat menarik. Miliki hunian mewah dan strategis bersama Ray White Kebayoran Barito!



Share